Be reasonable: This too, shall pass.

Good morning sir and madam, thank you for your time and welcome to our presentation. We are Zuma PR Consultant, we are established in 2012. Today, we're going to present our project about Borobudur through PR and Promotion way. 

As Mr. Joko Widodo, our President said that Borobudur has a chance to be a good destination for tourists especially from ASEAN. We believe through our project, we can help you to achieve your goals. But before we start our presentation, let us introduce ourselves. My name is Rizki Rahmadania Putri, and here's my team...



***

It's been 3 and a half months.

Alhamdulillah wasyukurillah akhirnya project besar yang menguras tenaga, pikiran, uang dan juga perasaan, lol, berhasil dieksekusi dengan baik. Project yang membuat gue kembali ngedit video, bekerja dengan photoshop dan illustrator, nyetir kesana sini di Jakarta (padahal gue gak mau banget nyetir ya Allah) dan belajar banyak hal tentang kehidupan yang gak pernah gue dapetin sebelumnya.

Seperti yang sudah gue ceritakan beberapa bulan lalu kalo PR and Promotion project ini adalah project besar dengan skala small group pertama yang akan dilalui para freshman di semester 2. Ini cukup menjadi sebuah ujian karena jadi PR consultant, apalagi full service macam begini gak gampang. Melakukan research, menentukan kampanye yang tepat, bekerja sama dengan media dan bahkan budgeting adalah hal yang ribet untuk dilakukan. Apalagi semua data yang kita tulis di paper harus real dan reasonable.

Karena PR project gue belajar untuk melakukan semua hal itu dengan alasan yang logis. Gila sih, dari yang biasanya gue masih memaklumi satu dua kesalahan, sekarang kesalahan sekecil apapun kalo gak bisa diperbaiki harus dicari alasan yang bisa menutupi kesalahan tersebut. As I've told you before, gak ada gunanya terfokus sama 2 bata buruk di sebuah bangunan yang sedang kamu bangun. Do something that makes your future will be thankful.

PR Project sebenarnya bukan sebuah excuses untuk orang orang yang kabur dari dunia yang biasanya ia tempati, tapi karena gue emang mau fokus sama kelompok gue, gue jadi semacam ansos dan ribet sama dunia gue sendiri. But all I thought..  Gue cuman gak mau nyesel pas presentasi, gue mau all out, gue gak mau ada kata-kata, "I should've done..."

Dan salah satu langkah pertama yang membuat gue semakin semangat ngerjain ini adalah pertemuan pertama kelompok gue sudah menentukan mau dibawa kemana ini project. Mungkin kelihatannya terlalu niat atau ambisius, tapi gue percaya setiap pengorbanan pasti punya balasan yang setimpal dengan apa yang sudah kita berikan. Sama seperti setelah kita kerja keras, pasti ada balasan yang sesuai sama pekerjaan kita. Gue cuman mau orang orang yang sebelum PR Project gak bisa, jadi bisa. Gak berani, jadi berani. Gak pede, jadi pede. Gak ngerti, jadi ngerti. Gak kerja, jadi kerja. Gue mau belajar bareng bareng dan setelah proses PR Project ini kita lewati, kita gak cuman dapet capek, ilmu pelajaran dan kenangan doang. Tapi kita juga dapet ilmu hidup.

Dan tim gue..  Gila sih, pretty unexpected banget. 

Dari awalnya cuman becanda becanda, "Borobudur yuk" sampe akhirnya beneran dilaksanakan karena Alma dan Tisha bolak balik nyinyir "yaelah ini pasti cuman Wacana Wacana Club" dan kita jabanin tuh! Perjalanan 3 hari yang cukup melelahkan yet so fun dan penuh pengalaman luar biasa. Doing primary research as early bird yang belajar Public Relations.. Gimana sih perasaannya? :D



Setelah itu kami pun mulai tahu gimana caranya menjalankan project ini, karena kebetulan, dari awal kami buta banget. Kerjaan kami cari informasi ke kelas lain, ke kakak kelas, ke perpustakaan dan tanya tanya dosen yang bisa ditanya. Gue melihat sih effort dari setiap anak mulai keluar satu persatu kala misalnya Nicky sudah mulai bilang, "eh kalo kata Koko gue.." lalu Alma bilang, "yaudah nih gue cariin ke temen gue.." dan Revina pun bilang, "yaudah gue minta ya contohnya ke kakak kelas gue." Hal hal kecil yang orang pasti bilang "wajar lah itu kan kerjaan mereka" tapi sebagai seseorang yang bertindak menjadi manager mereka, gue cuman bisa acungin jempol karena mereka.. Keren!

Terlepas dari kerennya mereka, ada aja kok drama seperti kerja di small group pada umumnya. Setiap orang punya standar kerja masing-masing, dan untuk sampai ke standar kerja gue lalu menentukan standar kerja kelompok Zuma PR Consultant cukup makan waktu sampai satu bulan. It takes time, tapi akhirnya gue SADAR DAN PAHAM bahwa gak semua orang itu sistematis kayak Cece, atau logis kaya Nicky, atau punya ide tapi gak bisa menuangkan ke paper kaya Alma - Tisha - Revi, atau punya keinginan untuk mencoba asal lebih didorong lagi kaya Petricia, atau lebih bisa diandalkan ketika dia fokus sama satu kerjaan kayak Pungki. Setiap orang punya caranya masing - masing dalam kerja, dan ini bener bener bikin gue belajar gimana nge-treat orang sih..

Banyak ide ide gila keluar dari mulut orang yang gak bisa menuangkan omongannya ke paper, atau pemikiran logis yang gak kepikiran buat orang orang yang cuman mikirin selera acaranya aja, atau bahkan kemauan untuk pergi sana sini sendirian demi kepentingan kelompok.

Kadang gue suka ngerasa capek dan fucked up. Tapi gue pun berpikir, sabar, tenang, sedikit lagi.. Sedikit lagi..

This too, shall pass.

Henri pernah bilang bahwa project ini sebenarnya bukan masalah seberapa bagus konsep yang kita ajuin, tapi gimana caranya kita belajar berkomunikasi untuk menyatukan ide. Dan itu emang benar, gimana caranya berkomunikasi emang jauh lebih susah daripada bikin paper. So maybe, dalam hidup ini emang banyak hal yang akan datang secara tidak diduga duga, dipelajari tanpa disadari bahkan sangat bermakna untuk kehidupan kita.

Dan kemarin.. Kemarin presentasi kami. Luar biasa kerennya sih anak anak gue. Banyak hal yang diluar dugaan gue. Banyak hal yang membuat gue bisa ternganga sambil bilang, "good job, gue bangga sama lo!" ;'}

By the way, here's my team.


Ini Natalya Berliani atau kalo lo follow instagram gue, lo akan mengenal dia sebagai Cece. Anak Jakbar - Tanjung Duren - Daan Mogot yang merupakan wakil gue ini benar benar buat gue bangga. Cece adalah orang yang gak terlalu suka sama technology dan ngomong sama orang, but as time goes by, Cece belajar untuk bisa berkembang lebih baik dan wow! Sekarang Cece udah bisa nyinyir, bisa make microsoft words dengan baik AHAHA, bisa search keyword di LINE, bahkan Cece udah berani nelpon PT. Taman Candi Borobudur. Dia berkembang jauh lebih baik, sabar dan dewasa dari yang gue kira. Proud of you, Ce!


Chinese - Buddhist - Ponti kesayangan gue ini namanya Nicky Wongso. Tapi sebelumnya, kenapa lo gak ganteng Nick? Ada apa? :"} Kalo kalian follow instagram gue, nama dia di LINE gue adalah Manusia Caper. Kenapa? KARENA NICKY SUKA CAPER WKWKWK.  Luvluv Nick!

Nicky adalah orang PALING LOGIS dan PALING LEMOT di kelompok gue. Satu satunya cowok dan selalu bete tiap kali disuruh minta untuk pimpin doa hahaha. Nicky selalu bisa mengevaluasi sebuah acara, bisa lihat dari berbagai posisi target audiencenya nanti dan yang paling penting dia adalah penghapal materi tercepat yang aku kenal:"} Gak ngerti lagi:"} Aku bangga sama kamu Nick! Sedikit! Sedikit doang....



Nurul Trisha Nabila a.k.a Tisha a.k.a admin paling sibuk mulai dari jam 1 - 9 malam ya guys, kerjaannya megang HP terus balesin online shop, kaya dia lama lama:"} Awalnya gue kira gue akan ribet banget kerja sama orang ini, tapi dia ternyata tipikal yang mending kerja sekarang terus gak ada deadline deadline lagi! DAN DIA BUKAN DEADLINERSSSS! Selain itu dia pinter bikin konsep acara, tapi kelemahannya dia kurang bisa mengaplikasikan idenya di paper dengan baik. Tapi kerja sama dia seru banget sih, karena waktunya kerja ya kerja, waktunya main ya main. Lalu yang paling bikin gue terharu adalah dia kalo dapet kerjaan itu habis ngeluh langsung dikerjain terus kerjaannya beres:"} I'M SO PROUD OF YOU! #NowPlaying T_T - Twice


ORANG YANG PERTAMA KALI MANGGIL GUE CICI AHAHAHAHA.

Namanya Petricia Rebecca a.k.a Peti. Anak kelahiran Juli 2000 ini menunjukkan progres yang sangat baik dalam segi pekerjaan dan kedewasaannya. Gue sangat bangga melihat dia bisa lebih berani dan pede. Selain itu biasanya dia kalo presentasi suka takut dan gak pede, taunya kemarin pas presentasi.. GILA GILAAA! Sampe gak ngenalin gue, rapih dan dia bisa ngehandle masa - masa kritisnya dia sendiri. Keren banget! Semoga kamu akan selalu inget kalo kerjaan yang gak setengah setengah akan selalu menghasilkan sesuatu yang luar biasa yaa sayang. Congratulations, Peti! You did a great job!


The person who make me believe that don't judge a book by its cover is real! Dan segala hal gak selalu bisa diterima pake logika is real! Gue melihat transisi Pungki yang luar biasa di semester 2 ini, emang lebay sih kata luar biasa, tapi emang begitu.. She became more mature, focus and responsible to her own work. Dan kemarin di hari eksekusi, she can do everything smoothly! Semangat Pung, inget, jangan pernah setengah - setengah! I'm so proud of you Pungki Ayu Anggraeni yang membuat gue main ke Blok M HAHAHA. And glad to know you better!


Bipolar sunshine, orang paling freak sedunia, my one and only Revina Putri Lana Tambayong Gomez!! Revina adalah penceria hidupku yang paling lemot sedunia, paling bisa ngeles, paling bisa ngerayu kayak.. "PLIS PLIS PLISS! SATU DETIK!" wkwkwk:"} Revina adalah orang yang harus di direct dan dipancing, tapi sekalinya punya ide sih luar biasahhh! Doi adalah orang yang selalu ngebacot kalo gue lagi nyetir TAPI kalo gue nyanyi pasti diceng-cengin:"} Orang ini seru banget sih parah seseru itu guys. Another fact is Revina pindah jurusan semenjak PR Project dan kita cengcengin "bego lu Rev di PR mah cape" eh dia pindah MassComm :"} Tapi Revina itu bisa kerja kalo sekelilingnya pada mau kerja dan kemarin presentasi dia keren! Climate gak dibaca Iklim lagi! Nice Revina:p


CANTIK BANGET GAK SIH?! Di.. Foto. HAHAHA. Ini Salma Rizqi Fadhila a.k.a Alma Bieber Multi Fandom pas BTS ke Jakarta Gak Nonton Karena Ke Borobudur. *ditimpuk Alma*

Orang yang semangat banget kerjain Promotion dan pas presentasi dia keren luar biasaaaa! Pertama gue satu kelompok sama Alma, dia adalah pemikir ulung, di mana ketika dia tahu jawabannya, dia suka takut untuk ngomong. Tapi makin kesini Alma berubah menjadi Alma yang super cekatan, fast respons dan sangat dewasa:"} Kemarin pas presentasi dia agak panik, tapi dia bisa menyelesaikan bagiannya dengan baik. Semoga Alma sukses ya di PR-nya HAHAHAHA SELAMAT JADI PR! Gue yakin Alma di gedung C pasti jadi makin cantik;3



Seneng banget ketika presentasi hanya dikomentarin masalah ide PR dan Promotion yang emang sengaja kita bedain:"} Dosen kami berekspektasi either PR dan Promotion bisa berkesinambungan, tapi karena kami bosen ngurusin relief HAHAHA jadi kami ganti di promotion:"}

Gue cuman bisa bilang good job Zuma PR Consultant! Keren banget kalian di luar ekspektasiku. Walau aku udah cape ya rumahku setiap hari diisi oleh teriakan kalian, sampah sampah masyarakat kalian dan hal hal gak penting nan jayus nan bipolar kalian.. But overall YOU GUYS ARE AMAZING!



Oh iya, boleh di cek vlog pendek perjalanan Zuma ke Borobudur. Jangan lupa like, share dan subscribe! Sudah lama lho gue gak ngedit video, semua karena PR Project, terima kasih banyak ya membuat saya jadi multi tasking lagi:"}

Terima kasih Zuma! Terima kasih terima kasih! Oh iya gue juga ingin mengucapkan terima kasih kepada teman teman gue yaitu Gita Dinda Diva yang membantu ngecek beberapa bagian bahasa inggrisnya anak anak gue:"} Dan juga untuk Dele yang nemenin latihan presentasi dua hari berturut turut sebelum eksekusi karena dia udah presentasi duluan:"} HUWAAA:"}

Dan dengan berakhirnya postingan ini, gue berharap kalian juga paham kenapa gue menghilang cukup lama di blog ini.. Karena gue harus kuliah, ngurus PR project, radio dan juga peluncuran buku gue:"}

Tapi, gue gak mau setengah setengah lagi. Gue mau kembali menata bata bata baik di bangunan gue. So someday when I looked back, gue akan bisa bilang, "thank you for your hard work."





And thank you to this guy for be the one who will always be my best role model ever! Semangat untuk kita! Stay alive, Henri!;)

2 komentar:

  1. Senang ya kalau pekerjaan yang selama ini menyita waktu dan perhatian sampai menyita apapun...bisa kelar dengan baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa benar! Segala yang baik akan berbalik jadi baik juga;)

      Hapus

Leave me some comment! Thank you, guys:}

Diberdayakan oleh Blogger.