Alice's Tips & Trick: You are not super hero - How To Handle Stress





Pernah gak tidur 3 hari untuk kerjain tugas kuliah? *berguling guling*


HAAAAI Alicers! Apa kabar? Lately direct message di Instagram gue penuh banget dengan orang yang reply instagram story semacam ini; "lu kapan liburan sih Tip?" "lah LSPR kagak ada libur?!" setiap kali gue update story dengan location LSPR - Jakarta. Sebenarnya gue udah liburan guys, tapi karena tau sendiri kan gue anaknya baik hati, tidak sombong, rajin menabung, suka belajar... Ehm, jadi gue menghabiskan waktu liburan gue di radio. Biar produktif guys, biar gak galau! Masa 2017 udah mau kelar dan gue masih galau?! #MenujuTitiGakGalau2017


Kalo diliat liat, gue emang beneran gak punya leher. 
Gue kayak cuman punya kepala terus langsung ke badan. Ini membahayakan.

Anywayy, di malam yang ceria ini (ceriain aja, padahal lagi overthink mulu bqiqi), gue mau berbagi tips super ampuh, canggih banget, gak ada duanya lagi deh pokoknya! Tips ini berguna bagi kamu yang sedang menghadapi hidup yang sangat berat dan bikin stress. Ngerasa udah bener ya hidup lu bikin tips ginian.. Eits, justru karena satu semester kemarin hidup gue super complicated makanya gue sekarang makin paham cara menghilangkan stress akibat masalah / kerjaan yang begitu banyak.

Udah ya daripada kebanyakan intro, mending langsung aje tips dari Tipluk nih!

***

1. Punya masalah? Hahaha, ketawain aja!

Gue pertama kali denger kalimat ini dari Lina Sufami a.k.a head divisi kreatif gue. Waktu gue ketemu dia kan gue drama banget guys orangnya, waduh revisi sedikit aja udah kaya mau kiamat besok. Pokoknya yang bukan masalah bisa jadi masalah deh buat gue! Nah one day, Lina bilang sama gue, "hahaha udah sih ketawain aja, nanti juga ada jalannya."

Ketika PR Project berlangsung, gue pun kalang kabut. Kerjaan gue stress sama makan doang (haha persetan yang bilang kalo kita sibuk, kita bakal kurus!). Asma gue sering banget kambuh sampai akhirnya gue udah lelah overthinking gitu.. Jadilah gue kalo tau ada revisi, anak gue ada yang ningkah, cowok gue... Ehm pas itu masih ada cowok, ningkah juga ngambek ngambek bego.. Pokoknya ketika ada masalah yang gue lakukan pertama cuman, "oh gitu? Hahaha yaudah ntar aja."

Percaya gak percaya kalo lo menyikapi sesuatu itu gak langsung "digas" alias "sans dulu cuy, chill, gak usah panik" insya Allah akan membantu lo berpikir dengan jernih. Lagian apa sih gunanya kita panik? Toh gak kelar juga kan he he he.

2. Masalah bukanlah masalah kalo gak kita permasalahkan

Yang ini gue pelajari dari Sir Taufan, dosen Communication Theory gue. One day gue pernah fucked up banget sama hidup gue dan gue tanya sama dia gimana caranya teori komunikasi yang gue pelajari bisa gue terapkan di hidup gue dan membantu gue melewati masa masa sulit gue.. Akhirnya dari gue cerita panjang lebar, dia cuman bilang, "you are a grown up young lady, kamu sedang berkembang untuk lebih mendewasakan diri. One thing you have to know, Ki.. Masalah bukanlah masalah kalo kita gak mempermasalahkannya. Belajar untuk bisa memilah apa yang bisa dipermasalahkan dan apa yang enggak. Itu kunci kedamaian dan kedewasaan."

Akhirnya kalo ada temen gue yang cerita sesuatu yang sepele banget dan kaya mau ada perang dunia kesepuluh, gue jadi gak excited lagi atau cenderung, "haha ada yang lebih penting gak?" I mean.. Bukannya gue jadi sok dewasa atau sarkastik. Percayalah, kadang hal hal kecil yang seharusnya gak jadi masalah dan kita permasalahkan malah membuat masalah yang besar dan urgent berakhir gak terselesaikan.

Belajar untuk lebih bijak mana yang harus ditanggapi mana yang gak usah;)

3. Log out social media

Kalo yang ini gue pernah didamprat sama temen gue, Henri. Dia ngomel gara gara gue kalo ada apa apa suka ceritanya di socmed. Suka ngeluh di snapgram yang obvious a.k.a kayak nulis diary yang semua orang bakal tau itu buat siapa. Dari situ gue berusaha untuk pilih pilih kalo lagi stress, mulai dari cerita secara eksplisit.. Posting quotes doan.. Dan berakhir cuman "yaudahlah"-kind of posting yang semoga saja dalam waktu dekat berakhir gue gak akan memposting lagi masalah gue. Karena setelah gue telaah, semakin sedikit gue ngepost, semakin berkurang juga rasa insecure gue sama masalah tersebut which leads me gak terlalu stress menghadapinya.

Gilak, gue dewasa banget kan Hen?;)

4. Stress bukan berarti makan, tapi stress bukan berarti gak makan

Yang ini belajar dari Natalya Berliani, sahabat gue yang dipanggilnya Cece. By the way Cece itu panggilan adik ke kakak perempuan di keturunan Chinese, tapi kayak udah deket banget gitu wkwk. Once pas gue lagi stress, gue makan banyak banget sampe pas gue berantem sama cowok gue di bulan Januari, gue sampe naik 5 kg. So nice banget kan gue;) Dari situ kalo gue lagi stress, gue mikir untuk gak usah makan. Nah Cece akan marah banget kalo gue gak makan, dan akhirnya gue mikir.. Mengurangi hal yang wajib atau melakukan sesuatu yang berlebihan akan menyakiti diri sendiri. Kalo kita nyakitin diri sendiri, kita gak bisa menyelesaikan segala masalah yang ada. Terus, itu masalah siapa yang beresin? Tetangga lu?

Sibuk, hectic dan segala sebutannya itu wajar kok. Tapi jangan pernah nyakitin diri sendiri;) kaya misalnya udah jelas banget dia gak mau perjuangin lo tapi lo tetep perjuangin, itu tuh salah satu cara membunuh diri. #ea yuk nyanyi Cukup  Tau nya Rizky Febian! #eh

Btw tumben ya Ce, lu bener. HAHAHAHA.

5. You are not super hero: 
masalah itu dikelarin bukan cuman dipikirin, selesaikan satu satu.

Last but not least, ini diajarin oleh Putri a.k.a majikan a.k.a editor Overlook. Putri datang tepat di saat gue butuh menguatkan diri. Putri ngajarin gue bahwa hidup itu penuh masalah, dan kalo cuman kita pikirin ya gak akan kelar. Tapi jangan berharap masalah lo bakal selesai dalam satu detik secara bersamaan. Good thing takes time and you're not super hero, jadi pelan pelan saja;)

Kalimat yang sering Putri ucapkan kalo gue ngeluh, "bego, kerjain!" atau kalo gue mau kerja malah foto foto, "10 menit lu foto foto bisa menghasilkan 1 script lho." LALU GUE PUN BEKERJA SEPERTI ROMUSHA DAN KERJAAN GUE SELESAI HAHAHA:"} Luv banget punya temen mulutnya gak bisa manis.

And its really works, gue gak lagi panikan kalo ada masalah atau kerjaan. Gue susun satu satu, kerjain dan yeay, kelar tanpa ada drama stress!

***

Overall semua tips yang gue kasih di atas sebenarnya kembali lagi ke diri masing masing di mana lo harus belajar menempatkan diri, belajar mendewasakan diri dan bealajar untuk tahu prioritas. Jangan sampai apa yang wajib lo kerjakan malah terabaikan dan lo tinggalkan. Jangan sampai apa yang seharusnya jadi bagian manis di hidup lo berubah jadi hal buruk karena lo ngeribetin doang, bukannya diberesin sampai benar benar selesai. 

Dan yang terpenting adalah untuk mendapatkan sebuah kebahagiaan, lo gak bisa mengharapkan hidup yang mudah dan segampang membalikkan telapak tangan. Semua butuh perjuangan dan usaha. Kalo gak mau ngehadepin ribet ribet, mending gak usah mimpi mau dapetin apa apa. #jadisarkasme #maafin


Alicers, jangan stress. Allah kasih kamu masalah karena Ia tahu kamu pasti bisa menyelesaikannya. No sacrifices, no victory. Good night;)

Tidak ada komentar:

Leave me some comment! Thank you, guys:}

Diberdayakan oleh Blogger.